Selasa, 06 November 2012

terus kenapa

Kpopers. Kpop + ers yang berarti semacam orang orang pecinta korea. Dalam KBBI, gak ada istilah kpop apalagi arti dari imbuhan (?) ers. Mungkin kalau dalam bahasa Indonesia yang lebih baik, istilah kpopers bisa diganti jadi kpop maniak. Dimana kpop kita tau sendiri artinya korean pop, dan maniak dalam KBBI artinya (1) orang yg tergila-gila akan sesuatu; (2) orang yg sangat menyukai sesuatu.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kenapa gua harus membahas ini? karena, yah, bisa dibilang gua termasuk dalam barisan orang orang "kpop maniak". Orang yang sangat menyukai korean pop, tapi berlebihan kayaknya kalau sampai "tergila gila". Dan sebagai "kpop maniak", gua agak terganggu dengan persepsi orang yang banyak bilang kalau "kpopers itu alay"

Menurut gua, alay itu luas ya. Gaya foto, tulisan, kelakuan, gaya berpakaian, bahkan muka aja bisa alay.

Mungkin kalau beberapa orang "kpop maniak"  ada yang tulisannya semacam "qu cuka cek4lie dOnGha3 oPpa" gua akuin itu benar. Ada beberapa orang yang mirisnya salah pergaulan yang emang mereka berpikir kalau tulisan mereka itu biasa aja. Bagi kelompok mereka, tulisan mereka gak alay.
Sekarang gua tanya. Emang gaada pecinta hollywood atau bollywood atau indonesianwood  yang ngetik dengan tulisan semacam itu? "sYahrUkhan lOph yOu beDddhh" atau "zAyN mAliQue jAdiAn jHa cMa que" demi Kakak Siwon, demi Tante Yoona, gua pernah liat tulisan semacam itu di facebook ketika facebook masih booming. Terus kenapa harus "kpop maniak" yang disalahkan?

Gaya foto. Gua akuin, gaya berfoto beberapa orang "kpop maniak" itu alay. Foto dari atas. Foto dengan bibir dimaju majuin biar memberi kesan seksi. Foto dengan bibir dikulum biar dikata imut. Seperti ini

Silahkan katakan dia alay. Bibirnya sok imut kan? mukanya juga sok imut kan? katakan.

Oke, mungkin orang orang dengan wajah kurang potensial untuk melakukan itu, hasil fotonya akan sangat fail. Jadi jangan bayangkan gua akan berfoto dengan gaya semacam itu karena gua aja jijik bayanginnya.Dan biasanya orang Indonesia itu emang kurang cocok buat bergaya kayak gini kecuali orang orang tertentu. Makanya disebut alay, benar?


Inti dari ini adalah, alay itu relatif. Ketika jajang nandar misalnya, dia foto dengan gaya seperti yoona dan ngetik dengan tulisan "w udh gga percya cInta lgy, w dah sring d'skity" dia pasti AKAN dibilang alay. Tapi coba liat yoona yang bergaya kayak gitu dan nulis dengan tulisan kayak jajang nandar, lu semua pasti gak tega buat bilang dia alay kan? yang  penting dia cantik, dia bisa ngedance, bodinya gitar spanyol, suaranya bagus. Dan plis lah jangan mukul rata kalau "kpop mania" itu alay. Gua contohnya. Gua kece, anak ibu, tulisan normal, foto normal, uang jajan 10.000 sehari karena dipotong pajak sama ibu, dan suka drama boys before flower. Apasih dinn, freak 

"alay itu relatif. Cuma darimana sudut pandang lu ngeliatnya"

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

"kenapa sih lu suka korea? banci semua itu isinya"

Sejujurnya, bukan pertama kali gua disodorin pertanyaan itu. Bosen .

Sekarang mau gua balikin deh pertanyaannya "kenapa sih lu suka one direction? sok keren semua itu isinya" nah lo. Terima gak gua bilang "sok keren semua isinya" ? Karena di mata gua ya.. gitu. Gak cuma 1D, artis cowo bule itu banyak yang sok kece. Cuma  Leonardo DiCaprio dan Johnny Depp di mata gua yang emang beneran kece. Beda orang beda pendapat, see?

"lu gak malu jadi kpopers?"

Hell, benci banget lah sama pertanyaan ini. Kenapa harus malu sih? Mereka gak melakukan hal non etis. Mereka bisa nyanyi dan lagunya bisa dinikmatin. Mereka ganteng dan cantik, gak peduli itu oplas atau nggak, mereka ganteng dan cantik. Gak lipsync kok kalau nyanyi. Gua tanya dimana harus malunya?
Oh mungkin karena mayoritas orang itu pada suka artis artis bule atau bisa dibilang buleers (?) jadi gua juga harus ngikutin arus dong ya. Terus ntar kalau mayoritas orang pada nyemplung ke palung mariana dan mati tenggelem di dalemnya, ntar gua juga harus ikutan. Bodoh.

Selera masing masing orang beda beda. Seperti misalnya, bagi gua Taylor Swift gak menarik sama sekali. Gua gak bisa nikmatin lagunya kecuali lagu love story karena, yah, lagu dia bukan style gua. Gua juga gak liat dimana sisi unik warna matanya yang hijau itu. Matanya hijau. Terus kenapa? Tapi gua akuin lah, dia kreatif, hebat pula nyiptain lagu dan banyak fansnya. Itu udah ngebuktiin TS emang hebat.
Atau zayn malik misalnya, atau si ini deh, adam levine yang katanya macho dan ganteng. Gua gak bisa liat si adam dimana gantengnya tapi kalau macho sih iya. Cuma suaranya bagus, itu gua akuin.

Bandingin sama Minho SHINee misalnya. Gua ngeliat dia sangat ganteng dan macho. Kece parah lah. Tapi menurut orang, dia gak macho dan mukanya cantik.
sooooooooooooooo kembali lagi lah ya. Gaada yang harus dimaluin dari perbedaan selera. Dari perbedaan aliran musik. Sekeras apapun lu mencoba nyengkokin para penikmat lagu korean pop dengan lagu lagu barat, gak akan mempan buat ganti aliran musik. Dan kebalikannya. Saling menghargai, itu yang paling penting.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

"kenapa sih kpopers itu suka heboh banget sama artisnya? lebay tau gak, annoying"

Hehe, siapa sih yang gak excited kalau misalnya ketemu sama idolanya? sama aja, ketika seorang pencinta buku ketemu buku langka yang dia mau, atau contoh contoh yang lain. Pasti excited kan?
Semua orang punya kemampuan pengontrolan emosi yang berbeda beda. Ada yang frontal dikeluarkan, ada yang dipendam dan cuma bisa senyum senyum sendiri, ada yang sampai nangis saking gak bisa ngungkapinnya. Lagi pula biasanya euforia semacam itu gak cuma beredar di "kpop maniak" kok.

Untuk soal annoying, ya maaf. Kalau gak suka ya abaikan. Jangan perhatiin orang orang yang lebay dong :)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gak ada salahnya punya perbedaan. Cuma bagaimana cara kita untuk nyatuin perbedaan itu dengan saling menghargai.

Selamat maghrib!


btw, mual dan sakit perut. Masuk angin............ T_T 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar